Rabu, 08 Juni 2011

analisis puisi SELAMAT TINGGAL berdasarkan ketidaklangsungan Riffaterre

‘Selamat Tinggal’
Chairil Anwar
Aku berkaca

Ini muka penuh luka
Siapa punya?

Kudengar seru menderu
-dalam hatiku?-
Apa hanya angin lalu?

Lagu lain pula
Menggelepar tengah malam buta

Ah…..!!

Segala menebal, segala mengental
Segala tak kukenal…..!!
Selamat tinggal……!!



Analisis Puisi ‘Selamat Tinggal’ Berdasarkan Ketidaklangsungan Ekspresi Riffaterre.
Penggantian arti
            Tejadinya penggantian arti karena digunakannya bahasa kiasan di dalam karya sastra. Kata-kata yang digunakan oleh puisi itu mengganti makna yang lain. Seperti penggunaan majas metafora, metonimia, personifikasi, dan lain-lain.
            Dalam Puisi Selamat Tinggal, penggantian arti dapat ditemukan pada baikt ke II baris pertama dan kedua Ini muka penuh luka, Siapa punya ? ini muka penuh luka adalah metafora dalam baris tersebut, karena bermakna sesuatu yang tidak lagi indah, siapa punya ? bermakna kebimbangan bahwa sesuatu yang tidak lagi indah itu milik siapa?

            Pada bait ke III kudengar seru menderu, dalam hatiku ? maksudnya adalah tokoh aku sedang mengalami kebimbangan akan apa yang ia rasakan sebenarnya.

Pada bait ke VI segala menebal, segala mengental segala tak kukenal…!! Selamat tinggal, dalam baris ini menggunakan paralelisme (gaya bahasa penegasan yabg berupa pengulangan kata pada baris). Hal tersebut bermakna bahwa semuanya telah menyatu menjadi satu dan tak dikenali lagi oleh si aku dan ia mengucapkan selamat tinggal untuk semua yang tidak dikenali itu.



2 komentar:

  1. mkasih atas blognya, smoga amal k'baikannya dibalas yang di Atas...

    BalasHapus
  2. Apa makna dari puisi selamat tinggal chairil anwar

    BalasHapus